Hubungan antara motivasi berorganisasi dengan komitmen berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi (S1) dalam Ilmu Psikologi (S.Psi)

Hidayatullah, Syarif (2020) Hubungan antara motivasi berorganisasi dengan komitmen berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi (S1) dalam Ilmu Psikologi (S.Psi). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1507016019_SYARIF_HIDAYATULLAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1507016019_SYARIF_HIDAYATULLAH_Lengkap)
1507016019_Syarif Hidayatullah_Full Skripsi - Syarif Hidayatullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi atau biasa disebut sebagai seorang akademisi. Selain belajar sebagai tugas utamanya, mahasiswa juga perlu mengembangkan kemampuan yang dimiliki melalui organisasi. Komitmen berorganisasi sangatlah penting sebagai keberlangsungan organisasi. Hal tersebut ditunjang oleh beberapa hal diantaranya motivasi berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan motivasi berorganisasi dengan komitmen berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Psikologi dan Kesehatan semester II-VII serta terdaftar dalam sebuah organisasi intra kampus sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik sampling purposive. Alat ukur penelitian menggunakan skala motivasi berorganisasi dan komitmen berorganisasi. Analisis data dilakukan dengan analisis uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS versi 22.0 for winsows. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara motivasi berorganisasi dengan komitmen berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo dengan nilai signifikansi 0,875 (P>0,05). Semakin tinggi tingkat motivasi berorganisasi, maka semakin tinggi pula komitmen berorganisasi pada mahasiswa. Sebaliknya, apabila tingkat motivasi berorganisasi semakin rendah, maka semakin rendah pula komitmen berorganisasi pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi berorganisasi; Komitmen berorganisasi; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:36
Last Modified: 23 Feb 2022 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics