Peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar santri i’dady di Pesantren Al-Ishlah Tajug, Sudimampir, Balongan, Indramayu
Habiburrohman, Fahmi (2020) Peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar santri i’dady di Pesantren Al-Ishlah Tajug, Sudimampir, Balongan, Indramayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1603016001_FAHMI_HABIBURROHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Santri I’dady adalah siswa tingkat SMA yang berasal dari lulusan SMP reguler yaitu mereka wajib mengikuti kelas percepatan selama 1 tahun, atau dikenal dengan nama kelas I’dady (persiapan). Dengan harapan setelah satu tahun berjalan, mereka dapat menyesuaikan disiplin ilmu bila mereka harus duduk sekelas dengan santri kelas 1 SMA dari SMP Islam Al-Ishlah Boardig School. Program I’dady ini memang membantu bagi santri baru yang lulusan SMP biasa untuk mengejar pelajaran santri lama. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan santri I’dady dalam belajar dan peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar santri I’dady.
Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan sumber data berupa orang atau informan dalam hal ini adalah wali kelas dan santri I’dady itu sendiri yang berada di pesantren Al-Ishlah Tajug. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar santri I’dady dalam proses belajar di Pesantren Al-Ishlah diantaranya kesulitan mengingat atau menghafal, membaca dan menulis khususnya pada bahasa Arab. Karena kelas I’dady adalah persiapan dari SMP formal di luar pesantren yang tidak punya bekal pelajaran bahasa Arab sebelumnya untuk melanjutkan jenjang SMA di pesantren Al-Ishlah. Sedangkan peran wali kelas adalah memberikan nasehat, motivasi dan waktu tambahan di malam harinya untuk belajar bersama
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran wali kelas; Kesulitan belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 12 Feb 2022 01:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2022 03:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15286 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year