Tinjauan Hukum Islam terhadap eksistensi wakaf tunai

Lusiana, Anita Hima (2020) Tinjauan Hukum Islam terhadap eksistensi wakaf tunai. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_132111076_Anita_Hima_Lusiana] Text (SKRIPSI_132111076_Anita_Hima_Lusiana)
132111076_AnitaHimaLusiana_Lengkap Tugas Akhir - Anita Hael.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu amal ibadah yang penting dalam agama Islam, wakaf mempunyai peran yang cukup penting dalam perkembangan umat. Dalam penerapan dan aplikasinya bahkan peraturan perundang-undangan yang mengatur wakaf kurang begitu diketahui oleh masyarakat khalayak. Masyarakat Indonesia kurang begitu mengetahui sistem pengelolaan wakaf yang selaras ataupun membuahkan hasil yang memuaskan dan tepat sasaran sebagaimana yang diharapkan, melainkan hanya memasrahkan semuanya kepada nadzir ataupun badan hukum wakaf setempat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu sebuah metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata. Dalam hal ini penulis mengumpulkan dan menganalisis data-data hasil dari studi kepustakaan yang berasal dari buku-buku ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan wakaf di Indonesia merupakan hal yang baru tumbuh, sehingga perlu adanya pengawasan dan cara yang tepat dalam pemanfaatan dan pengelolaannya, bagaimana benda wakaf itu bisa menjadi lebih produktif dan menghasilkan nilai guna yang lebih baik untuk jangka waktu panjang. Padahal apabila kita lebih jauh menggeluti mekanisme wakaf seharusnya itu menjadi peluang sendiri dan sesuatu yang baru dalam pertumbuhan ekonomi, infrastruktur negara, tak kalah penting yaitu menambah tingkat kerohanian masyarakat muslim itu sendiri. Apalagi dengan wakaf tunai bisa memberi kesempatan lebih lebar untuk menciptakan wakaf yang produktif dan bisa dilaksanakan oleh setiap lini masyarakat - yang mampu dan memenuhi rukun dan syarat wakaf - terlebih yang tidak memiliki tanah wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf; wakaf tunai; ekonomi produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:09
Last Modified: 12 Feb 2022 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics