Pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam studi di SMAN 1 Larangan Brebes

Safitri, Safitri (2020) Pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam studi di SMAN 1 Larangan Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016004_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1603016004_SAFITRI)
SKRIPSI_1603016004_SAFITRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap metakognitif siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Larangan Brebes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research). Data diperoleh dengan menggunakan metode obervasi, angket, dan okumentasi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Larangan Brebes yang berjumlah 395 siswa, dengan sampel 195 responden. Darta dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik terhadap kemanpuan matakognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Larangan Brebes. Data koefisien korelasi menunjukan bertanda positif berarti, semakin tinggi nilai penerapan pendekatan saintifik maka semakin tinggi pula nilai metakognitif siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Besarnya pengaruh antara penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas XII sebesar 37,8%, jika penerapan pendekatan saintifik itu berjalan dengan baik dan lancar maka metakognitif siswa juga semakin baik dan meningkat. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya guru PAI meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui penerapan pendekatan saintifiksecara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik; Kemampuan Metakognitif; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:04
Last Modified: 12 Feb 2022 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics