Peran mafindo (masyarakat anti fitnah Indonesia) Semarang dalam mencegah penyebaran hoaks di media sosial Facebook

Munif, Abd (2020) Peran mafindo (masyarakat anti fitnah Indonesia) Semarang dalam mencegah penyebaran hoaks di media sosial Facebook. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131211044_Abd Munif_skirpsi lengkap.pdf] Text
131211044_Abd Munif_skirpsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi secara cepat. Namun di sisi lain, terlalu terbukanya arus informasi menjadikan media massa ternodai dengan maraknya penyebaran hoaks, penyebaran informasi yang ditunjang dengan perkembangan teknologi seakan menjadi boomerang bagi konsumen informasi itu sendiri, maka muncullah fenomena hoaks. Kemudian Masyarakat Anti Fitnah Indonesia hadir dan mengajak masyarakat dunia maya untuk bersama-sama melawan hoaks di media sosial. Penelitian yang berjudul peran MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) Semarang dalam mencegah penyebaran hoaks di media sosial Facebook, bertujuan untuk mengetahui bentuk program kegiatan Mafindo Semarang baik di media sosial maupun kegiatan sosial dan peran mafindo Semarang dalam mencegah penyebaran hoak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mafindo Semarang adalah gerakan sosial yang memiliki pengelolaan dalam mencegah penyebaran hoaks, kepedulian tersebut disajikan dalam program kegiatan dengan lembaga-lembaga lain yang diproses sekreatif mungkin untuk mengajak masyarakat bijak bemedia sosial. program kegiatan yang mengandung unsur pendidikan, informasi dan hiburan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Literasi Media; Menangkal Hoaks
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:29
Last Modified: 12 Feb 2022 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics