Model pembentukan karakter mandiri dan ikhlas di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang

Saputri, Elis (2020) Model pembentukan karakter mandiri dan ikhlas di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016011_ELIS_SAPUTRI] Text (SKRIPSI_1603016011_ELIS_SAPUTRI)
SKRIPSI_1603016011_ELIS_SAPUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksutkan untuk menjawab persoalan : Bagaimana model pembentukan karakter mandiri dan ikhlas di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen, Semarang?
Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan (Field Research). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa Pembentukan karakter mandiri dan ikhlas yang ada di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan berjalan dengan baik dan istiqomah. Hal itu terlihat dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh santri setiap hari di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan. Pembentukan karakter mandiri dan ikhlas di pondok pesantren Fadhlul Fadhlan, terbentuk melalui kegiatan yang sudah ditetapkan oleh pondok. Diantaranya, kegiatan conversation dan muhadatsah, wirid ratib hadad, wirid hidzib, dziba’an, yasinan, ngaji kitab dengan yai, kegiatan tahfidz dan kelas jurumiyah dan shorof. Selain semua kegiatan yang ada dipondok Fadhlul Fadhlan, ada tiga manajemen yang mendukung untuk membentuk karakter mandiri dan ikhlas, yakni Management of time, Management of priority,and Management Taqarrub Ilallah. Ketiga manajemen diatas, menjadi perantara untuk membentuk karakter mandiri dan ikhlas pada santri pondok pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen, Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter; karakter mandiri dan ikhlas.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:47
Last Modified: 12 Feb 2022 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics