Strategi pembelajaran nilai-nilai pendidikan agama Islam di Omah Dongeng Marwah Kudus

Nisya, Dita Khoirun (2020) Strategi pembelajaran nilai-nilai pendidikan agama Islam di Omah Dongeng Marwah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016014_DITA_KHOIRUN] Text (SKRIPSI_1603016014_DITA_KHOIRUN)
SKRIPSI_1603016014_DITA_KHOIRUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI di Omah Dongeng Marwah Kudus. Penelitian ini dilatar belakangi karena pada umumnya diera sekarang ini sering kali terjadi kekakuan dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya siswa merasa malu untuk menyampaikan pendapatnya saat kegiatan pembelajaran. Selain itu, kurang adanya kepedulian dalam bakat dan minat siswa. Karena hal inilah maka siswa seakan menggeluti bidang yang tidak sesuai dengan dirinya. Dengan keadaan semacam ini maka kegiatan belajar mengajar terasa semakin kaku dan tidak nyaman. Dalam proses menggali ilmu dan menemukan jati diri perlu adanya rasa nyaman agar pemahaman terhadap ilmu yang disampaikan dapat ditangkap secara maksimal. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagamanakah Pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di ODM Kudus? (2) Bagaimakah Strategi pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di ODM Kudus?
Strategi pembelajara nilia-nilai PAI tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilakukan Omah Dongeng Marwah (ODM) Kudus. Guru dan siswa menjadi sumber data pada penelitian ini. Data diperoleh melalui kegiatan wawancara, dan observasi bersama nasasumber terkait. Adapaun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dskriptif, yaitu analisis yang mebupa kata-kata, gambaran, dan bukan berbentuk angka.
Ternyata penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran nilai-nilai PAI yang dilakukan di ODM menggunakan

strategi penyampaian dan penemuan melalui kegiatan (metode) mendongeng, sharing, dan diskusi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi,, dan sebagai bahan evaluasi bagi para tenaga pendidik, siswa, dan elemen terkait di Omah dongeng Marwah (ODM) Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Guru; Omah Dongeng Marwah; Kudus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2022 03:15
Last Modified: 26 Oct 2022 09:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15322

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics