Rancang bangun monitoring suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya pada kandang ayam berbasis web

Fariyya, Dewi Raokhil Iklima (2020) Rancang bangun monitoring suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya pada kandang ayam berbasis web. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1508026018_Dewi Raokhil Iklima Fariyya_Full Skripsi] Text (1508026018_Dewi Raokhil Iklima Fariyya_Full Skripsi)
1508026018_Dewi Raokhil Iklima Fariyya_Lengkap Tugas Akhir - dewiraokhil iklimafariyya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bisnis peternakan ayam, baik ayam petelur ataupun ayam pedaging merupakan bisnis yang prospeknya sangat bagus. Masalah yang sering dialami oleh peternak ayam yaitu harus mengecek suhu kandang secara manual ke kandang. Dengan adanya sistem monitoring ini diharapkan dapat mempermudah peternak dalam memonitoring suhu pada kandang dengan hanya melihat website yang telah disediakan secara real time.
Perancangan sistem monitoring suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya pada kandang ayam ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU sebagai pengendali utama, DHT22 sebagai sensor suhu dan kelembaban, LDR sebagai sensor intensitas cahaya, exhaust fan untuk menurunkan suhu, lampu 1 untuk meningkatkan suhu, dan lampu 2 untuk meningkatkan intensitas cahaya. Mikrokontroller akan memerintahkan exhaust fan untuk bekerja apabila suhu melebihi set point, lampu 1 akan menyala apabila suhu dibawah set point, dan lampu 2 akan menyala apabila intensitas cahaya dibawah set point.
Hasil penelitian monitoring pada kandang ayam ini berfungsi dengan baik, nilai set point untuk suhu adalah 30°C, kelembaban 60%, dan intensitas cahaya 4 lux. Dalam kondisi suhu tinggi exhaust fan dapat menurunkan suhu walaupun tidak secara signifikan, dan dalam keadaan suhu rendah lampu dapat meningkatkan suhu secara pelahan. Hasil monitoring menunjukkan bahwa suhu rata-rata saat melakukan penelitian sebesar 32,62°C, kelembaban sebesar 61,6% dan intensitas cahaya sebesar 2,48 lux.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Suhu; Kelembaban; Intensitas cahaya; Kandang Ayam; Monitoring; Internet of Things (IoT)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Feb 2022 06:18
Last Modified: 26 Feb 2022 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15323

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics