Efektifitas model pembelajaran problem based learning dengan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa materi akhlak tercela kepada Allah SWT kelas VII di MTs Miftahul Falah Jakenan Pati

Lutfi, Muhamad Agus (2020) Efektifitas model pembelajaran problem based learning dengan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa materi akhlak tercela kepada Allah SWT kelas VII di MTs Miftahul Falah Jakenan Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016015_MUHAMAD_AGUS_LUTFI.pdf] Text
SKRIPSI_1603016015_MUHAMAD_AGUS_LUTFI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

apakah efektif model pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) dengan metode Jigsaw (variabel X) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Akhlak Tercela Kepada Allah SWT Kelas VII di MTs Miftahul Falah Jakenan (variabel Y).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Dengan jumlah sampel 65 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan penilaian tengah semester. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh t_hitung = 3,428 sedangkan t_tabel = 1,66940. Karena t_hitung > t_tabel , maka berarti rata-rata hasil belajar model pembelajaran PBL dengan metode Jigsaw materi Akhlak Tercela kepada Allah SWT lebih baik daripada pembelajaran daring metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 82,065 dan kelompok kontrol = 77,882 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PBL dengan metode Jigsaw terhadap hasil belajar siswa materi akhlak tercela kepada Allah SWT Kelas VII di MTs Miftahul Falah Jakenan Pati dengan tingkat kefektifannya 56% dan tergolong cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Model pembelajaran PBL dengan metode jigsaw; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:56
Last Modified: 12 Feb 2022 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics