Analisis ranah kognitif soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019 berdasar taksonomi Bloom revisi

Rohmaan, Yusuf Arif (2020) Analisis ranah kognitif soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019 berdasar taksonomi Bloom revisi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133611059_Yusuf Arif Rohmaan] Text (Skripsi_133611059_Yusuf Arif Rohmaan)
Skripsi_133611059_Yusuf Arif Rohmaan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berujud untuk mendapatkan pola pada ranah kognitif soal Ujian Nasional IPA bidang fisika SMP/.MTs tahun ajaran 2018/2019 berdasar Taksonomi Bloom Revisi. Telaah ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pola ranah kognitif pada soal Ujian Nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019 berdasar Taksonomi. Bloom, Revisi. Permasalahan tersebut dibahas melalui telaah kepustakaan dengan data primer didapat, dari naskah, soal ujian nasional IPA bidang fisika. SMP/.MTs tahun 2018/ 2019 serta beberapa buku atau jurnal terkait sebagai data sekunder. Pendekatan serta teknik analisis yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan teknik, analisis isi, (content analysis).
Hasil penelitian menampakkan tingkat kognitif soal,.Ujian Nasional. tahun 2018/2019 paket A1 (C1) Mengingat dan (C6) Mencipta tidak ditemukan, sedangkan tingkat kognitif yang ditemukan adalah (C2) Memahami, (C3) Mengaplikasikan, (C4) Menganalisa, (C5) Mengevaluasi. Persentase kemunculan ranah kognitif, pada soal, yakni. C1.0% (0 soal), C2..38,89% (7 soal), C3 11,11% (2 soal), C4 27,78% (5 soal), C5 22,22% (4 soal), C6 0% (0 soal). Tingkat kognitif soal. Ujian. Nasional, tahun 2018/2019 paket A2 (C1) Mengingat dan (C6) Mencipta tidak ditemukan, sedangkan tingkat kognitif yang ditemukan adalah (C2) Memahami, (C3) Mengaplikasikan, (C4) Menganalisa, (C5) Mengevaluasi. Persentase kemunculan ranah kognitif pada soal yakni C1 0% (0 soal), C2 38,89% (7 soal), C3 11,11% (2 soal), C4 27,78% (5 soal), C5 22,22% (4 soal), C6 0% (0 soal). Serta tingkat kognitif soal. Ujian. Nasional, tahun 2018/ 2019 paket A3 (C1) Mengingat dan (C6) Mencipta tidak ditemukan, sedangkan tingkat kognitif yang ditemukan adalah (C2) Memahami, (C3) Mengaplikasikan, (C4) Menganalisa, (C5) Mengevaluasi. Persentase kemunculan ranah, kognitif, pada, soal yakni C1 0% (0 soal), C2 38,89% (7 soal), C3, 11,11% (2 soal), C4 27,78% (5 soal), C5 22,22% (4 soal), C6 0% (0 soal). Ketiga paket soal baik paket A1, A2, dan A3 masing masing memiliki persentase kemunculan soal yang sama.
Kemampuan Mengingat (C1) tidak ditemukan, dimungkinkan soal dengan tingkat kognitif C1 dianggap sudah bisa diwakili oleh tingkat C2 dan C3 untuk level kognitif low order thinking skills (LOTS). Untuk kemampuan Mencipta (C6) juga tidak ditemukan, sewajarnya untuk tingkat SMP/MTs ranah kognitif yang diujikan focus pada C4 dan C5 sebagai perwakilan hight order thinking skills (HOTS). Persentase kemunculan soal LOTS dan HOTS pada. Ujian. Nasional IPA bidang Fisika. SMP/MTs Tahun Ajaran 2018/2019 yakni, LOTS 50% (9 soal) dan HOTS 50% (9 soal).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis soal; Ranah kognitif; Ujian Nasional IPA; Fisika; Taksonomi bloom revisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 26 Feb 2022 06:56
Last Modified: 26 Feb 2022 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics