Problematika pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten

Nugraheni, Wahyu Utami (2020) Problematika pendidikan inklusi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016020_WAHYU_UTAMI_NUGRAHENI] Text (SKRIPSI_1603016020_WAHYU_UTAMI_NUGRAHENI)
SKRIPSI_1603016020_WAHYU_UTAMI_NUGRAHENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika pendidikan inklusi di MAN 2 Klaten tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mendeskripsikan problematika dalam pelaksanaan pendidikan inklusi dan upaya madrasah untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pendidikan inklusi.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpulkan kemudian disajikan dan dibuktikan keabsahannya dengan teknik menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikan kesimpulan.
Terdapat dua kesimpulan dalam penelitian ini. Pertama, bahwa terdapat beberapa permasalahan pada tenaga kependidikan, sarana prasarana, kurikulum dan proses pembelajaran. Akan tetapi, permasalahan yang sangat penting adalah tenaga kependidikan karena di MAN 2 Klaten belum memiliki guru pembimbing khusus yang mengampu siswa berkebutuhan khusus. Kedua, upaya yang dilakukan madrasah dalam mengatasi permasalahan pendidikan inklusi dengan memberdayakan guru yang sudah ada, memanfaatkan sarana prasarana yang ada dan mengajukan bantuan ke dinas pendidikan, memberikan pengarahan kepada siswa berkebutuhan khusus saat mengikuti proses pembelajaran bersama dengan siswa normal lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusi; Anak berkebutuhan khusus; Madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:26
Last Modified: 12 Feb 2022 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics