Pengaruh strategi pembelajaran think-pair-share terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Pekalongan

Khusniati, Zida (2021) Pengaruh strategi pembelajaran think-pair-share terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096014_ZIDA_KHUSNIATI] Text (SKRIPSI_1703096014_ZIDA_KHUSNIATI)
1703096014_zida khusniati_full skripsi - Zida Khusniati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pra riset adanya pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif dan kurang mandiri dalam mengikuti pembelajaran, guru menyampaikan materi hanya dengan pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa kurang memperhatikan guru dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kurangnya komunikasi antara siswa dengan siswa yang lain yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan nilainya masih ada yang dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi think-pair-share terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Pekalongan Tahun 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quisi eksperimental berjenis nonequivalent control group desaign dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Pekalongan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 34 peserta didik dengan kelas IV A terdiri 18 peserta didik sebagai kelas kontrol dan IV B terdiri 16 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas IV A (kelas kontrol) adalah 68,5 sementara kelas IV B (kelas eksperimen) adalah 77,438. Dari analisis data menunjukkan bahwa = 2.1085 dan = 1.6939 dengan taraf signifikan 5%. Jika > maka hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa pemahaman materi siswa menggunakan strategi think-pair-share lebih baik daripada pemahaman materi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran think-pair-share berpengaruh terhadap pemahaman materi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Think-Pair-Share; Kegiatan ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:13
Last Modified: 05 Mar 2022 05:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics