Efektivitas metode make a match terhadap kemampuan menghafal mufrodat Bahasa Arab materi اعضاء الوضوء di kelas III MI Mu’abidin Sukorejo Guntur Demak tahun ajaran 2020/2021

Awaliya, Winda (2021) Efektivitas metode make a match terhadap kemampuan menghafal mufrodat Bahasa Arab materi اعضاء الوضوء di kelas III MI Mu’abidin Sukorejo Guntur Demak tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096048_WINDA_AMALIA] Text (SKRIPSI_1703096048_WINDA_AMALIA)
fiks0_bismillah Skripsi Lengkap Winda Awaliya 1703096048_ - winda Awaliya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Make A Match Terhadap Kemampuan Menghafal ُو ُضْو ء Materi Arab Bahasa Mufrodat ْ ْع َضا ُء ال َ أ Di Kelas III Mi Mu’abidin Sukorejo Guntur Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain Pretest Posttest Control Grup Design. Pada penelitian eksperimen peneliti akan membandingkan kelompok eksperimen yang menggunakan metode Make a Match dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 48 peserta didik, untuk kelas III A ada 24 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan 24 peserta didik kelas III B untuk kelas eksperimen yang berjumlah 24. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test. Berdasarkan hasil posttest yang telah dilakukan, nilai rata rata kelas kontrol adalah 74.58333 dengan standar deviasi (s) =.8.20 Sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80.20833 dengan standar deviasi (s) =.9.38 Dari analisis data akhir diperoleh t hitung =2.990273 dan t tabel = 2.012896. Karena t hitung > t tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan kemampuan menghafal (Mufrodat) kosakata bahasa vi ُو ُضْو ء materi Arab ْ ْع َضا ُء ال َ أPeserta didik yang menggunakan Metode Make A Match dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan pernyataan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Metode Make A Match Efektif Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Materi ُو ُضْو ء ْ ْع َضا ُء ال َ أ Di Kelas III MI Mu’abidin Sukorejo Guntur Demak Tahun Ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Make a match; Kemampuan menghafal mufrodat; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:46
Last Modified: 05 Mar 2022 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics