Peran Badan keswadayaan masyarakat (BKM) Mukti Jaya dalam pembangunan lingkungan masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Fahmi, Dany Auliya (2021) Peran Badan keswadayaan masyarakat (BKM) Mukti Jaya dalam pembangunan lingkungan masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046007_DANY_AULIYA_FAHMI] Text (SKRIPSI_1601046007_DANY_AULIYA_FAHMI)
1601036007 Dany Auliya Fahmi Full Skripsi - Dany Wongbejo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Dalam proses pembangunan, masyarakat tidak hanya diperlakukan sebagai obyek, tetapi lebih sebagai subyek atau pelaku pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam melaksanakan misi pemberdayaan masyarakat, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mukti Jaya sebagai media belajar masyarakat untuk memecahkan masalah kemiskinan secara mandiri melalui pembangunan lingkungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mukti Jaya Dalam Pembangunan Lingkungan Masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif. Peneliti memperoleh sumber data melalui objek lapangan penelitian yaitu BKM Mukti Mukti Jaya. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator BKM, anggota BKM, dan masyarakat. Analisis yang dilakukan menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mukti Jaya berperan dalam perencanaan, pengadaan dana dan sumber daya manusia. Pada tahap perencanaan pembangunan serta proses evaluasi, BKM ikut melibatkan masyarakat di dalam program NUSP 2018 seperti pembangunan jalan, drainase, sarana prasarana dan mempercantik lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran BKM Mukti Jaya; Pembangunan lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:31
Last Modified: 07 Apr 2022 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15390

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics