Efektivitas penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT kelas XI di SMA MA'ARIF Karangmoncol, Purbalingga

Mujaddidah, Regina Amanatin (2021) Efektivitas penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT kelas XI di SMA MA'ARIF Karangmoncol, Purbalingga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016140_REGINA_AMANATIN_M] Text (SKRIPSI_1703016140_REGINA_AMANATIN_M)
SKRIPSI_1703016140_REGINA_AMANATIN_M.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada tanggal 24 maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat edaran dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran jarak jauh untuk memberikan pengalaman kepada siswa. Kemampuan dalam pembelajaran secara online masih banyak siswa, guru dan dosen belum mahir terutama bagi siswa, guru ataupun dosen yang berada di daerah pedalam. Mengingat permasalahan yang terjadi, peneliti terdorong melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT kelas XI di SMA Ma`arif Karangmoncol, Purbalingga. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control design.
Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai harian. Setelah itu dua kelas diberi perlakuan yang berbeda, pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi google classroom (online), sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran tatap muka (offline). Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu kelas analisis uji-t tes. berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa pihak kanan 2.168 dan pihak kiri 1.68 dengan tarafnya 5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT kelas XI SMA Ma’arif Karangmoncol, Purbalingga

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi google classroom; Pembelajaran; Hasil belajar;
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Feb 2022 01:54
Last Modified: 19 Feb 2022 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics