Strategi dakwah TV MUI melalui program siaran

Khonjin, Muhamad (2021) Strategi dakwah TV MUI melalui program siaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026022_Muhamad Khonjin_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1501026022_Muhamad Khonjin_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Televisi adalah salah satu media massa yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan dengan jangkauan yang sangat luas. Televisi memiliki keunggulan dibandingkan dengan media massa lainnya karena teknologi yang digunakan membuat orang yang menerima pesan dapat melihat, membaca dan mendengar secara langsung pesan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah TV MUI dan hambatannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Sumber dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari lembaga maupun orang yang berwenang di TV MUI yaitu manajer, direktur program, sekretaris dan kru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu tiga tahapan secara berkesinambungan yaitu reduksi data, kemudian penyajian data, dan tahap akhir penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi dakwah yang digunakan TV MUI yaitu menayangkan berbagai format program siaran dakwah, membuat program unggulan, memilih narasumber yang berkompeten dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sudah memperhatikan tahapan-tahapan pelaksanaan strategi seperti asas-asas penyusunan strategi, pemetaan dakwah, menentukan bentuk dakwah, eksekusi dan evaluasi dakwah. Strategi dakwah yang digunakan TV MUI cukup efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah yang ada di dalam program siaran seperti masalah akidah, syariat dan akhlaq dan sudah mengarah pada visi misi maupun tujuan yang ingin dicapai TV MUI. Sedangkan hambatan yang dihadapi TV MUI yaitu , TV MUI kesulitan mengembangkan dan memperbarui program siaran dakwah karena membutuhkan biaya produksi yang besar dan keterbatasan kru produksi. Kedua, tidak adanya anggaran untuk biaya promosi program siaran dakwah khsusnya promosi di sosial media, agar program siaran dakwah TV MUI lebih dikenal masyarakat luas, mengingat pengguna sosial media di Indonesia angkanya sangat besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah; Dakwah; Pengajian; Siaran Televisi; MUI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:45
Last Modified: 19 Feb 2022 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics