Berakhlaqul karimah di TPQ Roudlatul Amanah 02 Geneng Mulyo Juwana Pati

Mas’adah, Qorina Durroh (2020) Berakhlaqul karimah di TPQ Roudlatul Amanah 02 Geneng Mulyo Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036029_QORINA_DURROH_MAS’ADAH] Text (SKRIPSI_1601036029_QORINA_DURROH_MAS’ADAH)
1601036029_Qorina Durroh Mas_adah_Full Skripsi - Qorina El Masya.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Qorina Durroh Mas’adah, 1601036029, Strategi Dakwah Dalam Menciptakan Generasi Berakhlaqul Karimah Di Tpq Roudlatul Amanah 02 Geneng Mulyo Juwana Pati. Strategi dakwah adalah suatu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk memilih cara terbaik mencapai tujuan dakwah. generasi muda adalah untuk meneruskan semua perjuangan dari para generasi tua. Akhlak mulia berarti seluruh perilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan hadist yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad saw kepada seluruh umat manusia ketika beliau masih hidup, dan TPQ Raudlatul Amanah 02 adalah suatu lembaga pendidikan al-Qur’an dalam menciptakan generasi berakhlakul karimah yang menjadi tempat penelitian.
Rumusan masalah adalah Bagaimana Strategi Dakwah yang Diterapkan dalam Menciptakan Generasi Berakhlaqul Karimah di TPQ Roudlatul Amanah 02 Geneng Mulyo?. Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah peneliti menggunakan Penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumen. Analisis data dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Dakwah Dalam Menciptakan Generasi Berakhlaqul Karimah Di Tpq Roudlatul Amanah 02 Geneng Mulyo Juwana Pati yaitu dengan pengembangan dakwah di bidang keagamaan, pendidikan dan masyarakat. Upaya atau Strategi dalam bidang keagamaan dan bidang pendidikan dari pengurus maupun pengajar diantaranya: 1). Berupaya memberikan motivasi kepada masyarakat yang berbasis pendidikan keagamaan untuk belajar mengaji al-Qur’an bagi anak-anak di TPQ bersama guru pengajar dengan bimbingan intensif dari kecamatan dan cabang untuk pengajaran 2). Pengurus tetap berupaya membangun gedung untuk pengajaran dengan satu ruangan maksimal dua puluh santri dan satu ustadzah 3). Guru atau pengajar di TPQ juga ahli dalam ilmu yang diajarkan. Upaya atau strategi dalam bidang masyarakat diantaranya: 1). Mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam pendidikan gedung TPQ sesuai standar pendidikan metode qira’ati 2). Mengajak masyarakat membentuk donatur operasional untuk lembaga pendidikan belajar mengaji. Sehingga Antusias masyarakat terhadap pendidikan agama untuk buah hati semakin di perhatikan, jumlah santri yang belajar semakin meningkat dan alumni atau wisudawan semakin bertambah. Kepercayaan masyarakat untuk ikut serta dalam donatur operasional juga semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Akhlakul karimah; TPQ Roudlatul Amanah 02
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:26
Last Modified: 07 Apr 2022 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics