Manajemen Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak
Ni’mah, Ulin (2020) Manajemen Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
MPI_1603036029_ULIN NI_MAH_Full Skripsi - ulin _87.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena generasi muda yang saat ini kehidupannya semakin jauh dari Al-Qur’an, semakin jauhnya kehidupan generasi muda dari Al-Qur’an salah satunya dikarenakan mereka lebih asyik dengan gadged dan tv. Oleh karena itu madrasah sebagai lembaga pengemban amanat Pendidikan Nasional memiliki tanggung jawab secara moral dengan penonjolan nilai kegamaan dalam mencerdaskan anak didiknya. Madrasah sebagai tumpuan harapan umat harus mampu membentuk jiwa berakhlaqul karimah dan mampu menjadi benteng runtuhnya moral bangsa. Melalui program Tahfidzul qur’an diharapkan mampu menanamkan pada diri peserta didik jiwa cinta terhadap Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus permasalahan yang diambil dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak? (2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak? (3) Bagaimana evaluasi program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna data yang berhasil dikumpulkan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak mencakup: waktu perencanaan program tahfidzul qur’an, penyusun rencana pembelajaran program tahfidzul qur’an, penetapan guru pengampu program tahfidzul qur’an, penetapan peserta program tahfidzul qur’an, penjadwalan program tahfidzul qur’an, perencanaan evaluasi program tahfidzul qur’an. (2) Pelaksanaan program tahfidzul qur’an melalui beberapa kegiatan, diantaranya: implementasi materi pembelajaran program tahfidzul qur’an, metode pembelajaran progam tahfidzul qur’an, strategi pembelajaran program tahfidzul qur’an, sistem pembelajaran program tahfidzul qur’an, faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidzul qur’an. (3) Evaluasi program tahfidzul qur’an dilakukan setiap 3 bulan sekali/ setengah semester sekali. Adapun hal yang dievaluasi meliputi: evaluasi guru tahfidzul qur’an dan evaluasi siswa. Evaluasi siswa meliputi: setoran hafalan, prestasi, kehadiran peserta didik, keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Program Tahfidzul Qur’an; Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Demak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Ahlis Ahwan |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 04:30 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 04:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15407 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year