Strategi dakwah ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban

Pramono, Widia Putri (2021) Strategi dakwah ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036042_WIDIA_PUTRI_PRAMONO] Text (SKRIPSI_1601036042_WIDIA_PUTRI_PRAMONO)
SKRIPSI FULL (widia putri pramono 1601036042) - Widia putri pramono(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi dakwah Ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban. Kajian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang menghawatirkan pertumbuhan generasi muda, yaitu mengenai tingkah laku remaja yang kurang baik. Sehingga, perlunya suatu dakwah yang memberikan pemahaman tentang syariat Islam sejak dini. Maka, Ustadz Sudjatno mulai berkiprah di TPQ Hidayatul Ummah Kecamatan Kenduruan Tuban, untuk mencetak generasi muda yang taat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; 1. Bagaimana strategi dakwah ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban?. 2. Bagaiamana Dakwah melalui pedidikan yang diterapkan ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban?
Skripsi dibahas menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan pengambilan data secara langsung dilapangan. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer, data dari lapangan melalui pengamatan secara langsung di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban, dan data sekunder yang merupakan data diambil dari dokumen-dokumen, jurnal, arsip, dan buku yang telah tersedia terutama yang berhubungan dengan Strategi Dakwah ustadz Sujatno di TPQ hidayatul Ummah Kenduruan Tuban.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi dakwah ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah kenduruan Tuban, yaitu; pertama strategi dakwah sentimentil, strategi ini dilaksankan dengan tujuan dapat memberikan pengetauan agama pada anak melalui hati. kedua strategi rasional, strategi ini dilakukan untuk mengajak anak lebih aktif dalam berpikir, berdiskusi mengenai agma islam. ketiga strategi indrawi, strategi ini dilakukan dengan melatih dan mengasah kemampuan santri melalui praktik agama. (2) Dakwah melalui pendidikan yang diterapkan ustadz Sujatno di TPQ Hidayatul Ummah Kenduruan Tuban; a) Dakwah melalui pembelajaran tauhid, yang diterapkan guna menambah ketaatan anak-anak terhadap agama. b) Dakwah melalui pembelajaran ibadah, yang dilaksanakan guna meningkatkan ibadah anak. c) Dakwah melalui pembelajaran moral, yang dilaksanakan untuk memberikan pendidikan sopan santun serta sifat yang lebih baik pada anak-anak. d) Dakwah melalui pembelajaran sosial, diterapkan untuk memberikan wawasan pada anak agar mengetahui segala hak, kewajiban, dan tanggung jawab selama hidup bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Ustad Sujatno; TPQ Hidayatul Ummah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:38
Last Modified: 07 Apr 2022 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics