Strategi pemasaran sekolah inklusif di MI Ma’arif Keji Ungaran Semarang

Erlina, Eni (2021) Strategi pemasaran sekolah inklusif di MI Ma’arif Keji Ungaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_16030360009_ENI ERLINA] Text (SKRIPSI_16030360009_ENI ERLINA)
Eni Erlina_1603036009_Full Skripsi - 28_Eni Erlina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan hati peneliti terhadap nasib para ABK yang sampai saat ini acap kali mengalami diskriminasi dan pengabaian, terutama di daerah terpenil. Dan juga untuk mendukung upaya pemenuhan hak asasi anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mengenyam pendidikan yang sama dengan anak reguler. Karena pada dasarnya setiap manunsia adalah sama di mata Tuhan dan seharusnya mendapat hak yang sama dengan manusia lain. Berdasarkan hal itu, negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel).
Penilitian yang dilakukan ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi pemasaran sekolah inklusif yang digunakan sekolah dalam menarik minat pelanggan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna data yang berhasil dikumpulkan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian yaitu strategi pemasaran menggunakan marketing mx 4p (product, place, price, dan promotion).
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran di MI Ma’arif Keji menggunakan 1) pemasaran langsung yang dilakukan dengan dua cara yaitu dengan media cetak seperti penyebaran brosur dan banner, dan dengan media sosial seperti instagram, facebook, dan website. 2) Strategi pemasaran tidak langsung berupa keikutsertaan dan penyelenggaraan even-even seperti dalam lomba-lomba yang diadakan ditingkat kota maupun provisi, dan penyelenggaraan kegiatan seperti jalan sehat, peringatan hari besar islam, dan bakti sosial yang melibatkan masyarakat. Serta dukungan promosi dari berbagai kalangan yang pernah melakukan penelitian di MI Ma’arif Keji dan beberapa chanel TV yang meliput sekolah inklusif MI Ma’arif Keji. 3) Membuka boarding school. Membuat pesantren dilingkungan madrasah untuk siswa luar daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran; Inklusif; ABK; Keji; MI Ma’arif Keji Ungaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:02
Last Modified: 07 Apr 2022 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics