Strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi di makam Kyai Asy’ari Kaliwungu Kendal perspektif sapta pesona

Rohmah, Diyah Faiqotur (2020) Strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi di makam Kyai Asy’ari Kaliwungu Kendal perspektif sapta pesona. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036053_DIYAH_FAIQOTUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1601036053_DIYAH_FAIQOTUR_ROHMAH)
1601036053-Diyah Faiqotur Rohmah-Full Skripsi - 25 Diyah Faiqotur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Diyah Faiqotur Rohmah (1601036053) dengan skripsi berjudul: “Strategi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Religi di Makam Kyai Asy’ari Kaliwungu Kendal Perspektif Sapta Pesona”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi makam Kyai Asy’ari Kaliwungu Kendal perspektif sapta pesona.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder, di mana data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pengelola makam Kyai Asy’ari, sedangkan data skunder diperoleh dari peziarah, jurnal, buku-buku, internet, dokumentasi yang ada kaitannya dengan objek daya tarik wisata religi di makam Kyai Asy’ari.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa wisata religi di makam Kyai Asy’ari Kaliwungu Kendal berjalan dengan baik. Pengembangan objek daya tarik wisata religi yang digunakan pengelola meliputi pengembangan sarana prasarana, pengembangan sapta pesona, pengembangan kerja sama pariwisata, diantaranya dalam pengembangan kerja sama meliputi kerja sama dengan pemerintah Desa Protomulyo, Badan Pengelola Makam (BPM) Desa Protomulyo, Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal, Dinas Pariwisata Kabupaten Kendal, Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Badan Koordinasi Pemuda Pecinta Alam Kaliwungu (BAKOPPAK), dan masyarakat sekitar. pengembangan sarana prasarana yang dilakukan pengelola di makam Kyai Asy’ari meliputi perbaikan dan pembangunan fasilitas sarana prasarana untuk penunjang kepuasan peziarah berupa pembangunan kamar mandi, tempat wudlu, pendopo makam, tempat istirahat, penyediaan alat sholat, serta perbaikan pagar bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Sapta pesona; Makam Kyai Asy’ari Kaliwungu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Apr 2022 01:54
Last Modified: 09 Apr 2022 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15424

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics