Strategi penyiaran program siaran “Midnight Show” di Radio Soneta FM Pekalongan dalam mempertahankan eksistensi

Safira, Diana (2021) Strategi penyiaran program siaran “Midnight Show” di Radio Soneta FM Pekalongan dalam mempertahankan eksistensi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026024_Diana Safira_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026024_Diana Safira_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah merupakan kegiatan komunikasi keagamaan yang dihadapkan kepada perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Dakwah menggunakan media radio sangat efektif, mengingat kesibukan masyarakat sekarang sangat padat, maka dakwah melalui radio yang memiliki daya langsung akan menjadikan pesan-pesan dakwah dapat lebih efektif dan bisa diterima serta dimonitir oleh masyarakat luas. Radio Soneta menjadi salah satu radio di Pekalongan yang memiliki banyak program siaran dakwah. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini banyak radio yang merambah ke media sosial seperti facebook, twitter, youtube, maupun instagram sebagai media untuk mengiklankan radio tersebut. Dalam hal ini, Radio Soneta tidak aktif menggunakan media sosial lain dalam penyiarannya. Penelitian ini menjabarkan tentang strategi radio, dan strategi program. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan yang telah masuk selanjutnya dianalisa dan diinterpretasikan dengan kata-kata untuk menggambarkan obyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, yaitu kepada Direktur Radio Soneta, dan Penyiar Midnight Show. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi penyiaran di Radio Soneta FM Pekalongan menggunakan teori strategi Susan Tyler Eastman. Meskipun hanya disiarkan melalui frekuensi, Radio Soneta tetap bisa bertahan di era sekarang ini. Program disiarkan pada malam hari dengan format siaran yang berbeda, menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar, akan tetapi banyak yang perlu ditingkatkan karena penerapan strategi kesesuaian dalam hal penjadwalan masih belum maksimal. Waktu siaran 3 kali dalam satu minggu, sangat berpengaruh terhadap jumlah pendengar yaitu pada pendengar baru yang belum mengetahui latar belakang program Midnight Show akan beralih ke stasiun radio lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Komunikasi; Radio; Strategi Pemasaran; Siaran Radio
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:22
Last Modified: 19 Feb 2022 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics