Implementasi fungsi perencanaan dalam aktivitas dakwah karyawan rumah makan Geprek Sa’i Boja

Khoyima, Makriva Nurul (2021) Implementasi fungsi perencanaan dalam aktivitas dakwah karyawan rumah makan Geprek Sa’i Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036093_MAKRIVA_NURUL_KHOYIMA] Text (SKRIPSI_1601036093_MAKRIVA_NURUL_KHOYIMA)
1601036093_Makriva Nurul Khoyima_Lengkap Tugas Akhir (1) - Makriva Nurul khoyima.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Fungsi Perencanaan Dalam Aktivitas Dakwah Karyawan Rumah Makan Geprek Sa’i Boja”. Rumusan masalah: 1. Bagaimana aktivitas dakwah karyawan rumah makan ayam geprek sa’i boja 2. Bagaimana perencanaan aktivitas dakwah pemilik rumah makan ayam geprek sa’i boja terhadap karyawannya?. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Aktivitas Dakwah karyawan rumah makan ayam geprek sa’i boja dan mengetahui perencanaan aktivitas dakwah dari pemilik rumah makan ayam geprek sa’i boja terhadap karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun sumber datanya yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif.

Pengelola rumah makan ayam geprek sa’i boja menerapkan kaidah-kaidah Islam dalam menjalankan bisnisnya. Segala proses aktivitas yang ada di rumah makan ayam geprek sa’i tersebut tidak terlepas dari syariat agama, seperti setiap karyawan wajib memakai pakaian yang menutup aurat, dan menjalankan kewajiban bagi seorang muslim. Seperti sholat fardu, setiap karyawan diperkenankan sholat berjamaah di masjid atau mushola, bahkan wajib bagi karyawan laki-laki. Dimana hal tersebut tidak lazim dilakukan di rumah makan lain pada umumnya. Selain aktivitas dakwah, rumah makan ayam geprek sa’i juga ada kegiatan sosial, dan pendidikan. Maka dari itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaimana aktivitas dakwah yang diterapkan pada rumah makan ayam geprek sa’i boja.
Perencanaan dakwah merupakan salah satu bagian dari fungsi-fungsi manajemen dakwah. Perencanaan dakwah merupakan tindakan yang utama dalam mewujudkan kelangsungan dari sebuah proses dakwah. Penyelenggara dakwah dapat berjalan secara lebih tertera dan teratur apabila telah tersusunnya suatu planning atau perencanaan. Dengan adanya suatu perencanaan aktivitas dakwah dapat diurutkan dan diatur sedemikian rupa, tahap demi tahap yang mengarahkan pada pencapaian sasaran-sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi fungsi perencanaan dalam aktivitas dakwah karyawan rumah makan ayam geprek sa’i boja: Aktivitas dakwah baik dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan memiliki program yang harus dilaksanakan, tidak hanya satu program saja tetapi memiliki banyak program agar tercapai tujuan dari perusahaan tersebut, untuk mencapai visi dan misinya perusahaan dapat terlaksana diperlukannya program yang sesuai pula. Berikut ini adalah program-program aktivitas yang dilaksanakan oleh karyawan rumah makan ayam geprek sa’i boja yaitu: kegiatan dakwah, kegiatan sosial dan kegiatan pendidikan, adapun kegiatan dakwah seperti: (Sholat dhuha berjamaah, Membaca Asmaul Husna, pengajian bulanan, sholat fardu berjamaah, simaan al-Qur’an bersama), kegiatan sosial seperti: (Jum’at berkah, dan pembagian takjil) dan kegiatan pendidikan yaitu: (memberikan sumbangan kepada pondok pesantre, SD IT, SMP IT dan MA). Untuk itu rumah makan ayam geprek sa’i boja dalam pelaksanaan menerapkan perencanaan aktivitas dakwah yaitu perkiraan dan perhitungan masa depan, penetapan kegiatan dakwah, penetapan jadwal, penetapan biaya pada aktivitas dakwah karyawan rumah makan ayam geprek sa’i boja dapat tersusun rapi, sebab dengan penerapan perencanaan segala sesuatu yang telah dipersiapkan dan direncanakan dengan matang baik dari segi materi, metode, maupun waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi manajemen; Aktivitas dakwah; Geprek Sa'i
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:28
Last Modified: 16 Apr 2022 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics