Strategi pemasaran wisata religi ziarah 7 wali 3 negara (Malaysia, Singapura, Thailand) oleh Amura Tour & Travel Pati: perspektif dakwah

Mubarok, Moh Falih (2021) Strategi pemasaran wisata religi ziarah 7 wali 3 negara (Malaysia, Singapura, Thailand) oleh Amura Tour & Travel Pati: perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036096_MOH_FALIH_MUBAROK] Text (SKRIPSI_1601036096_MOH_FALIH_MUBAROK)
1601036096_Moh Falih Mubarok_Full Skripsi-converted - Moh Falih Mubarok Zaini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Moh Falih Mubarok (1601036096) dengan judul “Strategi Pemasaran Wisata Religi Ziarah 7 Wali 3 Negara (Malaysia, Sinagapura, Thailand) oleh Amura Tour & Travel Pati (perspektif dakwah)”.
Penulis melakukan penelitian di PT Nawal Amura Pratama atau Amura Tour & Travel kantor pusat yang berada di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Penelitian ini bermaksud untuk (1) memperoleh gambaran strategi pemasaran wisata religi ziarah 7 wali 3 negara (Malaysia, Singapura, Thailand) yang dilakukan oleh Amura Tour & Travel Pati, (2) mengetahui nilai dakwah yang terkandung dalam strategi pemasaran yang dijalankan oleh Amura Tour & Travel Pati.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Amura Tour & Travel Pati yaitu dengan menggunakan 5 elemen yang saling berkaitan di dalam startegi pemasaran, yaitu sebagai berikut : Pemilihan pasar yaitu semua kalangan masyarakat berpotensi menjadi konsumen atau pasar sasaran. Perencanaan produk yaitu dengan memberikan fasilitas yang terbaik dan bukan hanya melakukan ziarah ke makam para wali saja, tetapi juga mengajak untuk berwisata ke tempat lain yang sudah ditentukan. Penetapan harga yaitu menawarkan harga dasar dan melakukan fleksibilitas terhadap penawaran yang dilakukan konsumen. Sistem distribusi yaitu selain membuka kantor pusat yang berada di kabupaten Pati, juga pmembuka kantor cabang di berbagai kota besar seperti Semarang, Pekalongan, Yogyakarta, Palembang, dan Batam. Komunikasi pemasaran yaitu dengan memasarkan produk via online diberbagai medsos seperti Instagram, Facebook, Website, dan E-mail. Membuka stand disetiap pameran-pameran yang diikuti. Dan yang memiliki hasil yang lebih besar adalah dengan sistem penawaran tatap muka. (2) Nilai dakwah yang terkandung dalam strategi pemasaran yang dilakukan Amura Tour & Travel Pati pada produk Wisata religi ziarah 7 wali 3 negara (Malaysia, Singapura, Thailand) yaitu mengajak masyarakat untuk mengetahui dan mengenal para wali yang berada di luar negeri dan mempelajari kisahnya untuk diambil hikmah yang terkandung didalamnya. Hal ini sesuai dengan salah satu misi perusahaan yang ada yaitu memberikan kesempatan kepada rakyat Indonesia untuk berwisata ke daerah-daerah maupun Negara-negara lain, khususnya Negara-negara yang penuh dengan sejarah Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Ziarah 7 wali 3
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:05
Last Modified: 16 Apr 2022 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics