Uji kelayakan konsumsi dan identifikasi bakteri kelompok koliform pada air gentong peninggalan Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak

Afdholi, Ahmad and Lianah, Lianah and Setyawati, Siti Mukhlisoh (2021) Uji kelayakan konsumsi dan identifikasi bakteri kelompok koliform pada air gentong peninggalan Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak. Jambura Edu Biosfer Journal, 3 (1). pp. 20-27. ISSN 2656-0526 (Online)

[thumbnail of Uji kelayakan konsumsi] Text (Uji kelayakan konsumsi)
JURNAL NO 16 Uji kelayakan Jambura.pdf

Download (440kB)
Official URL: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/edubiosfer/

Abstract

Tradisi meminum air gentong telah lama dilakukan para peziarah di makam Sunan Kalijaga. Air tersebut berasal dari sungai yang diendapkan kedalam bak penampungan dan disalurkan kedalam gentong melewati penyaringan (filter). Namun tidak ada proses sterilisasi biologis melalui perebusan maupun radiasi sinar UV untuk mematikan mikroorganisme yang dapat tumbuh di air yang menjadikan air tidak layak konsumsi. Air minum yang tidak layak konsumsi dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai kelayakan konsumsi air gentong secara kimiawi, fisik, dan mikrobiologis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi fisik dan kimia serta sifat biologis berdasarkan keberadaan mikroba Coliform pada air gentong. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatitf. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisik dan kimia air gentong yaitu air jernih (tidak berwarna), tidak berbau, tidak berasa, suhu ±0,1 ℃- ±2,6 ℃, pH 7,36-7,83, TDS= 253-285 ppm, DO= 0,6 - 0,9 mg/L, dan tidak ada kandungan garam (0 ppt). Sedangkan sifat mikrobologis mengandung bakteri coliform 11-28 MPN/ 100 mLr. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa air gentong termasuk dalam kategori tidak layak konsumsi. Bakteri coliform yang teridentifikasi antara lain family Micrococcaceae, Lactobacilaceae, Streptococcaceae, Streptomycetaceae, Bacteroidaceae, dan Enterobacteriaceae.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Uji kelayakan konsumsi; Air Gentong; Fisikokimia air; Coliform
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2022 15:08
Last Modified: 01 Mar 2022 15:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics