Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program adiwiyata di MIN 01 Semarang dan MIN 05 Sukoharjo

Khilala, Diar (2021) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program adiwiyata di MIN 01 Semarang dan MIN 05 Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1903038002_Diar_Khilala] Text (TESIS_1903038002_Diar_Khilala)
19030380_Diar Khilala_FULL TESIS - Diar Khilala.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan terutama dalam memenuhi komponen Adiwiyata, sehingga pelaksanaan program tersebut belum memberikan dampak terhadap kualitas madrasah serta rasa sikap peduli lingkungan terhadap peserta didik disamping itu rendahnya kesadaran kepala madrasah dalam membangun pendidikan berwawasan lingkungan hidup. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan mutu program Adiwiyata serta strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam melaksanakan peningkatan sebuah mutu melalui proses penentuan kerangka kerja yang berfokus pada tujuan jangka panjang sebuah organisasi atau lembaga, serta upaya mencapai sebuah target yang telah ditentukan melalui beberapa strategi. Penenelitian ini dimaksudkan menjawab pertanyaan 1) Bagaimana mutu program Adiwiyata, 2). Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program Adiwiyata. Jenis penenelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan desain penelitian multisitus. Hasil penelitian menunjukan bahwa di MIN 01 semarang dan MIN 05 Sukoharjo mampu memenuhi standar pedoman mutu program Adiwiyata melalui komponen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan dan evaluasi yang terintegrasi dengan wawasan lingkungan hidup. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program Adiwiyata dengan menggunakan strategi bujukan,
fasilitatif, dan paksaan. Persamaan dikedua situs sudah menerapkan komponen Adiwiyata serta memiliki strategi yang sama sekalipun dalam perbedaan terdapat dalam pengolahan sampah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala madrasah; Mutu pendidikan; Sekolah adiwiyata
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:44
Last Modified: 16 Apr 2022 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics