Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di SMP N 2 Boja

Sangadah, Siti Komarotun (2020) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di SMP N 2 Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036020_SITI_KOMAROTUN_SANGADAH;] Text (SKRIPSI_1603036020_SITI_KOMAROTUN_SANGADAH;)
SKRIPSI_1603036020_SITI_KOMAROTUN_SANGADAH;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : 1. Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP N 2 Boja, 2. Kendala dan solusi dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP N 2 Boja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu: kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun langkah menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan gerakan literasi ini yaitu: : a) pembentukan tim gerakan literasi sekolah, b) kegiatan membaca 20 menit sebelum belajar, c) menyelenggarakan lomba kepenulisan, d) perpustakaan yang menunjang literasi, e) mengalokasikan anggaran sekolah untuk kegiatan literasi, dan f) membuat peraturan tentang literasi. (2)Kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi di SMP N 2 Boja diantaranya: a) minimnya budaya literasi di kalangan guru, b) waktu membaca tersita kegiatan lain (sholat dzuhur dan istirahat), dan c) pandemi yang belum berakhir. Adapun solusi untuk pelaksanaan gerakan literasi di SMP N 2 Boja sebagai berikut: a) saat kegiatan evaluasi selalu diadakan breafing untuk terus memotivasi guru, b) mendisiplinkan siswa untuk tepat waktu mengikuti jama’ah dzuhur, dan c) mengintegrasikan kegiatan literasi kedalam semua mata pelajaran dan bekerja sama dengan orang tua untuk ikut memantau selama kegiatan literasi berjalan dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala sekolah; Gerakan Literasi Sekolah; Minat baca; Siswa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:25
Last Modified: 26 Mar 2022 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics