Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa di MTS NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal

Istiqomah, Eva Maziyatul (2020) Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa di MTS NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036090_EVA_MAZIYATUL_ISTIQOMAH] Text (SKRIPSI_1603036090_EVA_MAZIYATUL_ISTIQOMAH)
SKRIPSI_1603036090_EVA_MAZIYATUL_ISTIQOMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah sebuah layanan yang membantu individu atau kelompok secara terus menerus dalam meningkatkan kemandirian dalam pemahaman diri, penerimaan diri, pengarahan diri, dan perwujudan diri dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan yang dilakukan oleh konselor secara langsung. Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan usaha kegiatan belajar dalam proses pembelajaran dalam waktu tertentu
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: (1) Seberapa besar layanan bimbingan dan konseling di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal; (2) Seberapa besar prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal; (3) Adakah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expose facto. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi sederhana.
Hasil penelitian: (1) Layanan bimbingan dan konseling MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu sebesar 33 atau berada pada interval 31 – 33 yang berarti bahwa layanan bimbingan dan konseling untuk siswa kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tergolong cukup baik. 2) Prestasi belajar siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong tergolong “baik”. Rata-rata nilai tertinggi pada kelas 8A adalah 82,5 dan sedangkan rata-rata nilai terendah kelas 8C adalah 73,5. 3)Hubungan antara layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,832 dan untuk determinasi sebesar 69% dan sisanya 30,9%. Sedangkan persamaan regresi Ŷ= 2,384 + 0,925x dengan koefisien regresi sebesar 0,925 dimana dinyatakan bahwa 1 variabel X akan diikuti sebesar 0,925 variabel Y. Terdapat signifikan antara layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar dengan hasil uji Fhitung sebesar 199,410 lebih besar dari Ftabel (3,964) pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 26 Mar 2022 01:58
Last Modified: 26 Mar 2022 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics