Kepemimpinan kepala sekolah berbasis pesantren dalam pembinaan karakter santri di SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan

Ashar, Arif Burhanudin (2020) Kepemimpinan kepala sekolah berbasis pesantren dalam pembinaan karakter santri di SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036038_ARIF_BURHANUDIN_AZHAR] Text (SKRIPSI_1603036038_ARIF_BURHANUDIN_AZHAR)
SKRIPSI_1603036038_ARIF_BURHANUDIN_ASHAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam pembentukan karakter, terutama kenakalan remaja yang marak terjadi sekarang ditengah arus globalisasi. Sekolah sebagai tempat belajar dan wadah untuk mengembangkan potensi serta turut bertanggungjawab membentuk kepribadian anak. Banyak sekolah umum yang hanya mendidik anak menjadi anak yang pintar, namun minim akan pengetahuan agama sehingga kebanyakan berbuat tanpa berfikir akibatnya. Pendidikanpun turut serta dalam pengembangan potensi jasmani dan ruhani. Sekolah berbasis pesantren adalah jawaban sebagai tempat belajar ilmu umum dan agama. Kompetensi kepala sekolah sangat diperhatikan dalam mengelola sekaligus menentukan suatu kebijakan guna menciptakan nilai keagamaan di sekolah sehingga menjadi tempat belajar yang nyaman dan damai. Kepemimpinan kepala sekolah tersebut yang berdasarkan pada agama yang dianut, ajaran yang ditaati dan pengalaman diri sehingga menjadi pemimpin yang dapat mencapai tujuan sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menekankan pada pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pesantren dalam Pembinaan Karakter Santri Di Smk Syafi’i Akrom Kota Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berbasis pesantren lebih menekanakan aspek keagamaan yang terprogram dalam kegiatan yang berorientasi pada keteladanan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan membaca do’a, perayaan hari besar Islam, menghafal al qur’an, mengadakan kajian Islam, serta menjalin hubungan baik dengan orangtua/ wali murid, adalah upaya pembinaan karakter santri dan pelaksanaan budaya pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Pesantren; Karakter santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nadia Maida Amalia Amalia
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:07
Last Modified: 26 Mar 2022 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics