Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang

Setyawan, Eko Juni (2020) Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN] Text (SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN)
SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Pendidikan yang bermutu ialah lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kriteria 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur Menurut Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, yang kemudian dijabarkan dalam PP No.32 tahun 2013. Peran Teamwork sangat menentukan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah penenlitian ini bagaimana bentuk implementasi manajemen teamwork di MA Uswatun Hasanah Semarang? Bagaimana implikasi manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Uswatun Hasanah Semarang mengelola teamwork berbentuk tim perbaikan proses yang dinamakan KKRKM (Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah). penyusunan RKM berguna untuk menentukan program kerja, arah sasaran, dan tujuan madrasah, yang secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Dengan mengelola teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah khususnya pelaksanaan program kerja pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), teamwork melalui tahapan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan). Dengan koordinasi yang baik dari tim, program kerja dapat terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Pihak sekolah sebaiknya tetap membentuk kelompok kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Pada periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; Teamwork; Mutu pendidikan; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Adnin Purnama Sari
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:15
Last Modified: 18 Mar 2022 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics