Monitoring dan evaluasi program Tahfidz Al-Quran di MI Al-Anwar

Laelaturrohmah, Ida (2020) Monitoring dan evaluasi program Tahfidz Al-Quran di MI Al-Anwar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036059_IDA_LAELATURROHMAH] Text (SKRIPSI_1603036059_IDA_LAELATURROHMAH)
SKRIPSI_1603036059_IDA_LAELATURROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang monitoring dan evaluasi program tahfidz Al-Qur’an di MI Al-Anwar dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). latar belakang penelitiannya yaitu pentingnya monitoring dan evaluasi pada suatu program untuk menghasilkan informasi yang baik dan tepat dalam memberikan tindak lanjut/ perbaikan pada program.
Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif menggunakan model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Kepala MI Al-Anwar, pembina program, dan wali peserta didik dijadikan sumber data untuk mendapatkan hasil monitoring dan evaluasi. Pengambilan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monitoring dan evaluasi program tahfidz Al-Qu’ran ditinjau dari CIPP dikatakan sangat baik dengan hasil: 1. Evaluasi Context, hasilnya menunjukkan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. 2. Hasil evaluasi input program tahfidz Al-Qur’an di MI Al-Anwar diketahui bahwa kompetensi pembina telah sesuai, pembina program ini mempunyai latar belakang hafidz/hafidzoh, sedangkan peserta didik yang mengikuti program tahfidz ini mempunyai semangat yang tinggi dalam mengikuti program. 3 Evaluasi proses program tahfidz Al-Qur’an menunjukkan pelaksanaan program yang berjalan sesuai dengan target dan untuk hambatan yang ditemui masih terbilang hambatan yang bisa diperbaiki. 4. Evaluasi Product/ hasil menunjukkan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai target, bisa dilihat dari kelulusan setiap tahun mencapai 98%..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program pembelajaran; Monitoring; Evaluasi; Tahfidz Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:57
Last Modified: 18 Mar 2022 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics