Pemetaan mutu sarana dan prasarana laboratorium IPA di MAN 1 Tegal

Khoerunnisa, Nia (2021) Pemetaan mutu sarana dan prasarana laboratorium IPA di MAN 1 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036055_NIA_KHOERUNNISA] Text (SKRIPSI_1603036055_NIA_KHOERUNNISA)
SKRIPSI_1603036055_NIA_KHOERUNNISA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pemetaan mutu sarana dan prasarana khususnya madrasah belum diteliti secara maksimal, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemetaan mutu sarana dan prasarana sebagai fasilitas yang dapat menunjang mutu pendidikan. Khususnya pada pembelajaran IPA ditekankan untuk melakukan pemberian pengalaman secara langsung yang disebut praktikum karena banyak pembelajaran IPA yang bila hanya disampaikan dengan konsep saja maka peserta didik akan sulit memahami. Akibat dari kekurangan sarana dan prasarana laboratorium IPA dapat menghambat proses pembelajaran bagi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Uji keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: (1) pemetaan mutu di laboratorium IPA dalam kategori cukup, peralatan dan bahan praktikum yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, tetapi kurang dalam pemanfaatan ruangan laboratorium IPA. (2) implikasi pemetaan mutu sarana dan prasarana laboratorium IPA di MAN 1 Tegal dalam kategori standar, yaitu dengan adanya pemetaan mutu laboratorium IPA, sekolah dapat mengkoreksi kekurangan sarana dan prasarana yang ada, dapat meningkatkan motivasi peserta didik, peserta didik dapat bersikap cermat sabar dan jujur, Peserta didik telah menjuari lomba Kompetisi Sains Madrasah.
Rekomendasi dari penelitian ini: (1) Perlu penambahan ruang laboratorium IPA dan perlu pembenahansarana dan prasarana laboratorium IPA dalam pelaksanaan praktikum, sehingga setiap praktikum yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat bagi siswa dalam menunjang pemahamannya terhadap materi pelajaran (2) Adanya pemetaan mutu sarana dan prasarana laboratorium IPA telah menghasilkan juara-juara tingkat lokal, Maka diharapkan bisa dilanjutkan ke tingkat nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Mutu; Sarana dan prasarana; Laboratorium IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:34
Last Modified: 18 Mar 2022 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics