Manajemen ekstrakulikuler pramuka dalam pengembangan kreativitas siswa di SMK Islamic Center Baiturrahman Semarang

Sari, Indry Rachma (2020) Manajemen ekstrakulikuler pramuka dalam pengembangan kreativitas siswa di SMK Islamic Center Baiturrahman Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036054_INDRY_RACHMA_SARI] Text (SKRIPSI_1603036054_INDRY_RACHMA_SARI)
SKRIPSI_1603036054_INDRY_RACHMA_SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan perkembangan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Pendidikan bertanggung jawab mewujudkan, memandu serta memupuk minat bakat dan kreativitas seorang anak. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seorang anak secara naluri akan memilih kegiatan yang dirasa mereka menyenangkan bagi diri mereka. Kegiatan ini berfungsi mengembangkan kreativitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis manajemen ektrakulikuler pramuka, serta bagaimana kegiatan pramuka dapat mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Center Baiturrahman Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler pramuka telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan diluar jam belajar mengajar pada sore hari. Dalam strategi mengembangkan kreativitas siswa melalui ektrakurikuler pramuka di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang antara lain : menggunakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, pembina memposisikan diri sebagai penasehat, pendorong, pengarah, dan sekaligus pembimbing dan selalu mendengarkan keinginan siswa, menerapkan konsep “Ing Madya Mangun Karsa”. Agar dapat berjalan dengan efektif sekolah perlu mejalin hubungan dengan pihak lain, selain itu diperlukan metode-metode dan kegiatan yang variatif agar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa sehingga dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; Ekstrakurikuler; Pramuka; Kreativitas siswa
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:27
Last Modified: 18 Mar 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics