Pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar matematika pada siswa MTs N Wonosobo

Asyhar, Hasanudin (2014) Pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar matematika pada siswa MTs N Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511035_Hasanudin_Asyhar]
Preview
Text (SKRIPSI_063511035_Hasanudin_Asyhar)
063511035_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bab1.pdf]
Preview
Text
063511035_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bab2.pdf]
Preview
Text
063511035_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bab3.pdf]
Preview
Text
063511035_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bab4.pdf]
Preview
Text
063511035_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bab5.pdf]
Preview
Text
063511035_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 063511035_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063511035_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar matematika. Kajiannya dilatar belakangi oleh teori Daniel Goleman yang menyatakan bahwa kecerdasan emosi memiliki pengaruh terbesar dalam meraih kesuksesan. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Apakah kecerdasan emosi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika? Permasalahn tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs N Wonosobo. Sekolahan tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data kecerdasan emosi dan hasil belajar. Datanya diperoleh dengan metode kuesioner dan doumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional.
Kajian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan hasil belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan hasil belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada MTs N Wonosobo dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada pengaruh antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada siswa MTs N Wonosobo.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs N Wonosobo. Sampel penelitian adalah 38 siswa, menggunakan metode Cluster Sampling. Dalam pengumpulan data kecerdasan emosional digunalan metode angket berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai rapor semester II.
Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berkisar antara 0,079 - 0,713 dan p berkisar antara 0,000 - 0,008. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid dan 5 item gugur dari 25 item yang ada pada angket kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,797 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,024 dengan probabilitas < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya ada pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi seluruh civitas akademika, khususnya para mahasiswa dan terlebih untuk para pelaku pendidikan agar dapat lebih memperhatikan aspek kecerdasan emosi dalam proses pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi; Hasil Belajar Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Feb 2014 07:52
Last Modified: 29 May 2021 02:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics