Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya kedisiplinan di SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang

Majda, Jauharatul (2020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya kedisiplinan di SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036084_JAUHARATUL_MAJDA] Text (SKRIPSI_1603036084_JAUHARATUL_MAJDA)
SKRIPSI_1603036084_JAUHARATUL_MAJDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada akhir-akhir ini peneliti merasa bahwa budaya kedisiplinan pada siswa mengalami penurunan, dimana hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh banyak faktor internal maupun eksternal dari siswa itu sendiri. Untuk itu, peneliti berupaya untuk menggali informasi terkait bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya kedisiplinan di sekolahnya, terkhusus di SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian ini lebih menekankan pada analisis dan penyimpulan baik secara induktif maupun deduktif dengan menggunakan logika ilmiah. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini, terkait kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya kedisiplinan di SMA Islam Al-Azhar 15 Semarang yang dalam hal ini terfokus pada peran kepala sekolahsebagai pemimpin meliputi: 1) Menyusun, mensosialisasikan serta menggerakan peraturan/tata tertib peserta didik, 2) Memberikan keteladanan, ajakan, peringatan dan pembinaan terhadap semua kalangan, dan 3) Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan penerapan penanaman kedisiplinan semua warga sekolah terkhusus peserta didik.
Menurut hasil penelitian diatas sebagai saran peneliti dalam upaya mengembangkan budaya kedisiplinan di sekolah, kepala sekolah hendaknya melakukan monitoring, evaluasi dan pengawasan secara lebih konsisten serta melakukan pembaharuan secara terus menerus terhadap program pendisiplinan peserta didik atau pemberian keteladanan, sehingga diharapkan kedepannya dari program pendisiplinan ini bisa lebih optimal hasilnya bagi semua warga sekolah. Seperti dalam pengevaluasian, kepala sekolah dan guru yang bersangkutan terhadap program pendisiplinan lebih berperan aktif dalam pemberian penanganan terhadap siswa yang melakukan indisipliner. Jadi kedepannya kasus indisipliner yang dilakukan oleh siswa atau warga sekolah bisa lebih ditekan lagi angka kasus indisiplinernya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala sekolah; Budaya disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:52
Last Modified: 26 Mar 2022 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics