Manajemen pelayanan Taman Baca Masyarakat Alam Pintar di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang

Yuniarsih, Anis (2020) Manajemen pelayanan Taman Baca Masyarakat Alam Pintar di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036096_ANIS_YUNIARSIH] Text (SKRIPSI_1603036096_ANIS_YUNIARSIH)
SKRIPSI_1603036096_ANIS_ YUNIARSIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskipsikan dan menganalisis manajemen pelayanan dalam meningkatkan literasi masyarakat di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alam Pintar di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Latar belakang penulisan laporan ini, dikarenakan budaya membaca masyarakat belum dijadikan sebagai prioritas. Baik dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat hingga pemerintah. Meskipun dalam permasalahan ini pemerintah maupun lembaga atau komunitas sudah gencar mendirikan sebuah TBM. Akan tetapi, sampai sekarang belum mampu meningkatkan literasi masyarakat secara signifikan.
Dalam kasus ini, peneliti melihat banyak TBM tidak memiliki manajemen yang baik. Padahal hadirnya TBM bisa menjadi solusi untuk meningkatkan literasi. Melalui TBM, masyarakat dapat melakukan proses pendidikan nonformal sepanjang hayat melalui fasilitas yang disediakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana manajemen pelayanan TBM Alam Pintar di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Datanya diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu kasus dalam organisasi atau lembaga.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pelayanan TBM Alam Pintar benar-benar dilaksanakan sesuai perencanaan awal didirikannya dilihat dari visi, misi dan tujuan, kemudian dievaluasi setelah dilakukan kegiatan layanan dan evaluasi akhir tahun. (2) manajemen pelayanan TBM Alam Pintar dalam meningkatkan literasi yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang telah terjadwal. Namun, dalam layanan TBM Alam Pintar perlu ditingkatkan kembali dan terus berinovasi pada progam-progam yang menarik agar masyararakat terus bisa memanfaatkan layanan TBM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan; Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:54
Last Modified: 26 Mar 2022 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics