Implementasi sistem informasi manajemen Google Classroom pada perkuliahan di Prodi MPI UIN Walisongo Semarang

Afifudin, Achmad (2020) Implementasi sistem informasi manajemen Google Classroom pada perkuliahan di Prodi MPI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036107_ACHMAD_AFIFUDIN;] Text (SKRIPSI_1603036107_ACHMAD_AFIFUDIN;)
SKRIPSI_1603036107_ACHMAD_AFIFUDIN;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu produk integrasi teknologi informasi ke dalam dunia perkuliahan adalah e-learning atau elektronik learning. saat ini e-learning mulai mengambil perhatian banyak pihak, baik dari kalangan akademik. e-learning merupakan model pembelajaran menggunakan media elektronik (audio/visual) melalui jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memaparkan implementasi Google classroom pada perkuliahan di prodi MPI UIN Walisongo Semarang serta implikasi pemanfaatan fitur Google classroom pada perkuliahan di prodi MPI UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat beberapa dosen di Prodi MPI UIN Walisongo Semarang sudah menggunakan google classroom sebagai learning manajemen sistem untuk menunjang perkuliahan daring secara maksimal, Perkuliahan daring berbasis google classroom memiliki beberapa fitur untuk menunjang perkuliahan yang optimal. (2) Perkuliahan google classroom pada dasarnya berjalan kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari implikasi penggunaan google classroom dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen perkulilahan; Sistem informasi manajemen; Learning management system; Google Classroom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:01
Last Modified: 26 Mar 2022 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics