Pengaruh citra lembaga dan kelompok referensi terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs N 3 PATI

Fitria, Anis (2021) Pengaruh citra lembaga dan kelompok referensi terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs N 3 PATI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036037_Anis_Fitria] Text (SKRIPSI_1703036037_Anis_Fitria)
SKRIPSI_1703036037_Anis_Fitria.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai faktor perilaku konsumen/pelanggan pendidikan dalam mengambil keputusan memilih sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang pengaruh citra lembaga dan kelompok referensi secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi MTs Negeri 3 Pati. Pengambilan sampel berjumlah 82 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji T (parsial), uji F (simultan), dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai thitung variabel citra lembaga sebesar 3,149 dan variabel kelompok referensi memperoleh nilai thitung sebesar 3,150. Hal ini berarti secara parsial variabel citra lembaga dan kelompok referensi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati. Kemudian secara simultan hasil dari nilai uji F adalah sebesar 8,816 > Ftabel 3,112 dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu 0,000. Dengan demikian variabel citra lembaga dan kelompok referensi secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati.
Dari hasil penelitian diatas, dapat memberikan acuan bagi pihak sekolah untuk meningkatkan strategi dalam hal promosi agar minat peserta didik bertambah dalam memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra lembaga; Kelompok referensi; Pengambilan keputusan; Pemilihan sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:20
Last Modified: 26 Mar 2022 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics