Pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB-C Widya Bhakti Semarang selama masa pandemi

Shofia, Evi Kholida (2020) Pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB-C Widya Bhakti Semarang selama masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016205_EVI_KHOLIDA_SHOFIA] Text (SKRIPSI_1603016205_EVI_KHOLIDA_SHOFIA)
1603016205_Evi Kholida Shofia_Full Skripsi - Zulfa A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang di SMPLB-C Widya Bhakti Semarang selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan berangkat dari rasa ingin tahu penulis pada pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak tunagrahita selama masa pandemi covid-19, mengingat keterbatasan IQ pada anak tunagrahita. Bagaimana proses pelaksanaannya? Apakah sama proses pembelajaran di kelas tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang? Kemudian bagaimana kerjasama antara guru dan orang tua? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi lapangan. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan orang tua dari siswa tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode penugasan. Terdapat perbedaan pelaksanaan pembelajaran antara di kelas tunagrahita ringan dengan di kelas tunagrahita sedang. Perbedaan itu meliputi guru yang mengajar, teknis penugasan, materi pembelajaran, serta bentuk pendampingan orang tua selama di rumah. Ditemukan pula beberapa kendala selama proses pembelajaran PAI di masa pandemi, baik kendala yang dirasakan oleh guru di sekolah maupun orang tua yang mendampingi siswa di rumah. Akan tetapi di luar kendala yang ada, kerjasama antara guru dan orang tua siswa dalam memberikan pembelajaran PAI pada anak tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang di SMPLB-C Widya Bhakti Semarang selama masa pandemi sudah cukup baik. Kedua belah pihak sudah melakukan upaya agar siswa tetap memperoleh pendidikan yang layak meskipun dalam kondisi pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Anak tunagrahita; Masa pandemi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Hafid
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:39
Last Modified: 06 Apr 2022 01:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics