Efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam memotivasi belajar Al-Qur'an Hadits kelas X di SMK NU 1 Slawi - Tegal

Aeni, Koimatul (2020) Efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam memotivasi belajar Al-Qur'an Hadits kelas X di SMK NU 1 Slawi - Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016200_KOIMATUL_AENI] Text (SKRIPSI_1603016200_KOIMATUL_AENI)
SKRIPSI_1603016200_KOIMATUL_AENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas penggunaan aplikasi kahoot dalam memotivasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas X di SMK NU 1 Slawi-Tegal. Yang dilator belakangi oleh peserta didik mudah bosan dan mengantuk saat pembelajaran dan kurangnya motivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: apakah penggunaan aplikasi kahoot efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas X di SMK NU 1 Slawi-Tegal?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kedua kelas antara kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tidak diberi perlakuan. Peneliti menggunakan metode pendekatan eksperimen “posttest only control design” dengan menggunakan kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 4 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: variabel motivasi belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan aplikasi kahoot mempunyai kualitas yang berkategorikan “baik” dengan memiliki rata-rata 96 yang terletak pada interval 95-99. Sedangkan pada motivasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas kontrol mempunyai kualitas yang berkategorikan “cukup” dengan memiliki rata-rata 86 yang terletak pada interval 86-92. Penggunaan aplikasi kahoot lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai sign. = 1,994, karena nilai sign. = 1,994 ≥ 0,05, maka H0 diterima, artinya kedua varians rata-rata motivasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah identik, untuk membandingkan rata-rata kelas tersebut maka digunakan uji t-test yang mana diperoleh nilai thitung(70;0,05)= 4,813 sedangkan ttabel=1,6669, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kahoot efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi-Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kahoot; Motivasi belajar; Al-Qur'an Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:47
Last Modified: 06 Apr 2022 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15606

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics