Model pendidikan akhlak di SMP Alam Karawang

Mi'razfauzi, Wildan Ahmad (2020) Model pendidikan akhlak di SMP Alam Karawang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016197_WILDAN_AHMAD_MI'RAZFAUZI] Text (SKRIPSI_1603016197_WILDAN_AHMAD_MI'RAZFAUZI)
SKRIPSI_1603016197_WILDAN_AHMAD_MI'RAZFAUZI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model pendidikan akhlak di SMP Alam Karawang tahun pelajaran 2019/2020. Pendidikan akhlak yang diterapkan di lembaga sekolah terkadang tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tidak sedikit dari siswa yang masih melakukan perilaku yang menyimpang meski pihak sekolah sudah berusaha secara optimal dalam pendidikan akhlak. Permasalahan krisis moral dan akhlak ini disebabkan oleh rendahnya model pendidikan akhlak yang digunakan.
Maksud dari studi ini adalah untuk menjawab permasalahan bagaimana model pendidikan akhlak di SMP Alam Karawang yang difokuskan pada implikasi model pendidikan akhlak yaitu proses pendidikan akhlak yang mencakup tujuan, pendidik, peserta didik, materi, metode, alat, program dan evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik dalam menganalisis data.
Hasil penelitian menuinjukan bahwa model Pendidikan Akhlak yang diterapkan di SMP Alam Karawang adalah menggunakan model pembiasaan dan penciptaan suasana religius yang diprogramkan dan diatur oleh pihak sekolah. Model ini berimplikasi pada pengembangan agama yang menonjolkan ranah afektif. Model ini terkonsep dalam pendekatan sistem pendidikan akhlak yang meliputi Tujuan pendidikan akhlak, pendidik/ guru, peserta didik, materi pendidikan akhlak, Program pendidikan akhlak, alat yang membantu dalam proses pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak dan evaluasi pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan; Pendidikan akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 01 Apr 2022 00:43
Last Modified: 01 Apr 2022 00:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics