Pelaksanaan hafalan Al-Qur'an berbasis modul pembelajaran braile pada penyandang tunanetra di Rumah Tahfidz Yayasan Sahabat Mata Mijen Semarang

Rohmatuszahro, Anita Intan (2020) Pelaksanaan hafalan Al-Qur'an berbasis modul pembelajaran braile pada penyandang tunanetra di Rumah Tahfidz Yayasan Sahabat Mata Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016168_ANITA INTAN ROHMATUSZAHROH] Text (SKRIPSI_1603016168_ANITA INTAN ROHMATUSZAHROH)
1603016168_Anita Intan R_Full Skripsi - Anita Zahroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an Berbasis Modul Pembelajaran Braille pada Penyandang Tunanetra di Rumah Tahfidz Yayasan Sahabat Mata Mijen Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan mendeskripsikan mengenai proses pelaksanaan pembelajaran berbasis modul braille, membedah isi,memaparkan kelebihan dan kekurangan modul serta hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran pada sanri-santri Tunanetra di rumah Tahfidz Yayasan Sahabat Mata Mijen Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang diteliti. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Braille dalam Hafalan al-Qur’an pada Penyandang Tunanetra di Rumah Tahdiz Yayasan Sahabat Mata Mijen Semarang ini merupakan bahan ajar braille yang telah disusun secara sistematis untuk memudahkan para santri tunanetra dalam mempelajari al-Qur’an Braille ataupun menghafalkannya.
Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an berbasis modul pembelajaran braille di Rumah Tahfidz Yayasan Sahabat Mata dilaksanakan secara teratur melalui metode-metode yang tepat. Melalui kelas-kelas yang telah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing santri, ustadz dan ustadzah selalui membimbing dan mengawasi perkembangan santri dalam belajar, baik dalam kelas modul, tahsin al-Qur’an ataupun hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an; Modul pembelajaran; Braile; Tunanetra; Rumah tahfidz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Maida Amalia Amalia
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:00
Last Modified: 07 Apr 2022 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics