Implementasi metode sistem level dalam pembelajaran baca Al-Qur'an di SMPN 02 Kota Semarang
Ulumuddin, Moch Ihya (2020) Implementasi metode sistem level dalam pembelajaran baca Al-Qur'an di SMPN 02 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1603016097_MOCH IHYA ULUMUDDIN_FULL SKRIPSI - Ihya Ulumuddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Dunia pendidikan baca tulis al-Qur’an mengalami perubahan. Dari hasil evaluasi yang dilakukan,metode sistem level terbukti memiliki banyak kelebihan dan terbukti efektif. Metode sistem level memiliki daya tarik bagi siswa dan pengajar, disamping keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi metode sistem level dalam pembelajaran baca al-Qur’an di SMPN 02 Kota Semarang. Yang dilatar belakangi oleh kepedulian didunia baca al-Qur’an. Banyak evaluasi evaluasi yang ingin dilakukan. Salah satunya keefektifan belajar baca al-Qur’an dan menambah daya tarik siswa dalam pembelajaran baca al-Qur’an. Maka dari itu sekolah harus mempunyai metode yang lebih efektif dalam pelaksanaan pembelajaran baca al-Qur’an. Baik untuk siswa maupun pengajar. Data penelitian kualitatif lapangan ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode sistem level, cara evaluasi dengan mengunakan metode sistem level dan cara penilaian prestasi siswa ditunjukkan dengan jelas prosesnnya melalui dua media yaitu media buku dan media aplikasi robot yang dinamakan robot sistem level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Sistem level; Baca tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadia Maida Amalia Amalia |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 08:05 |
Last Modified: | 02 Apr 2022 08:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15644 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year