Sistem pendidikan agama Islam dalam keluarga keturunan Arab di Mulyoharjo Pemalang

Rahmawati, Ais (2021) Sistem pendidikan agama Islam dalam keluarga keturunan Arab di Mulyoharjo Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016025_AIS_RAHMAWATI;] Text (SKRIPSI_1603016025_AIS_RAHMAWATI;)
SKRIPSI_1603016025_AIS_RAHMAWATI;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem pendidikan yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak dalam keluarga keturunan arab di Mulyoharjo Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian adalah 5 orangtua (Ibu dan Bapak) dan 5 anak. Penelitian dilakukan di Mulyoharjo Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana sistem pendidikan agama islam dalam keluarga keturunan arab di mulyoharjo pemalang? bagaimana problematika yang dihadapi keluarga keturunan arab ?, bagaimana solusi dalam menghadapi problematika pendidikan agama islam dalam keluarga keturunan arab?
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem pendidikan agama islam yang diterapkan oleh keluarga keturunan arab di mulyoharjo pemalang adalah meliputi pemberian materi tentang pendidikan akidah meliputi keimanan kepada Allah, pendidikan ibadah meliputi salat berjamaah,membaca Al-Qur’an, Puasa dan pendidikan akhlak meliputi adab-adab dalam kehidupan sehari-hari dengan model pola asuh yang dikategorikan otoriter dan demokratis. Sedangkan problematika pendidikan agama islam dalam keluarga keturunan arab dimulyoharjo pemalang adalah (1) kesibukan orangtua (2) sikap pendidik (3) kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi(4) Lingkungan. Dan solusi dalam menghadapi problematika adalah memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak terlebih pada masa kanak-kanak, karena perhatian merupakan tanggung jawab dan tuntutan yang harus diberikan kepada anak; orangtua seharusnya dapat menyikapi anak dengan lemah lembut, perhatian dan penuh kasih sayang dapat membentuk anak menjadi manusia yang manusiawi. Tidak hanya dengan kekerasan, kekerasan hanya akan membuat anak bersikap lebih buruk kepada oranglain maupun pendidik; dengan adanya kemajuan teknologi diharapkan orangtua mampu mengontrol kegiatan anak.
Penulis menemukan bahwa dalam keluarga keturunan arab masih terdapat perjodohan didalam keluarga keturunan arab dengan sesama keturunan arab, dalam memberikan pendidikan sosok ayah lebih ditakuti namun sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari, anak perempuan sangat dijaga didalam keluarga seperti dalam hal berpakaian dan dan ketika bertemu dengan lawan jenis , ada larangan berpacaran, keluarga keturunan arab memilih sekolah yang bernuansa islam dan didirikan oleh komunitasnya Seperti Yayasan Al-Irsyad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem pendidikan; Pendidikan agama Islam; Keluarga; Keturunan Arab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 01 Apr 2022 00:56
Last Modified: 01 Apr 2022 00:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics