Implementasi tahfidz Al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Semarang

Ahdiatunnisa, Ahdiatunnisa (2021) Implementasi tahfidz Al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016050_AHDIATUNNISA;] Text (SKRIPSI_1603016050_AHDIATUNNISA;)
SKRIPSI_1603016050_AHDIATUNNISA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi tahfidz al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Semarang. Sebagai lembaga pesantren salafiyah, tentunya Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an memiliki keistimewaan yang mengacu pada hal tersebut. “Rukunnya mondok itu mengaji dan wajibnya itu mengabdi (Tidak hanya mengaji, tetapi juga mengabdi)” semboyan itulah yang selalu dipegang erat. Melihat hal tersebut banyak santriwati yang melakukan pengabdian terhadap pondok terutama mahasiswi penghafal al-Qur’an di pondok tersebut. Melihat latar belakang mahasiswi yang sangat padat kegiatannya akan tetapi tidak menyurutkan langkah mereka untuk tetap menghafal al-Qur’an dan menjaga hafalannya. Sehingga Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an ini berusaha menggunakan berbagai cara untuk mengatasi kesulitan tersebut. Hal ini menggugah peneliti dan tertarik untuk mengungkap lebih lanjut bagaimana program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an dan bagaimana implementasi tahfidz al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an dan imlementasi tahfidz al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif, dimana peneliti membuat deskriptif atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang diteliti. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh sebuah informasi bahwa: Implementasi tahfidz al-Qur’an pada mahasiswi di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Semarang dalam menghafal al-Qur’an menggunakan metode talaqqi dan metode tutor sebaya. Kemudian untuk implementasi tahfidz al-Qur’an pada mahasiswi menerapkan mudawamah wudlu dan sholawat hifdzil Qur’an. Dengan menerapkan pelaksanaan tahfidz al-Qur’an ini, mahasiswi berkeyakinan dapat menghafal al-Qur’an dengan mudah dan memperkuat hafalan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Mahasiswi; Tahfidz Al-Qur’an; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 02 Apr 2022 08:07
Last Modified: 02 Apr 2022 08:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics