Model penguatan pendidikan karakter nasionalis pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MIN Kudus dalam masa pandemi Covid-19 tahun 2020

Alfiyah, Hafidlotul (2020) Model penguatan pendidikan karakter nasionalis pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MIN Kudus dalam masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016061_HAFIDLOTUL_ALFIYAH;] Text (SKRIPSI_1603016061_HAFIDLOTUL_ALFIYAH;)
SKRIPSI_1603016061_HAFIDLOTUL_ALFIYAH;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, Bangsa Indonesia dihadapkan dengan berbagai ancaman, mulai dari hoaks, ujaran kebencian, intoleransi bahkan terorisme dan radikalisme. Guna mengantisipasinya perlu diperkuat karakter nasionalis sejak dini. Sejalan dengan itu, Salah satu rumpun pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah yakni SKI dapat menguatkan karakter nasionalis dengan meneladani nilai-nilai kearifan dalam kisah-kisah tokoh muslim. Namun, adanya pandemi COVID-19 menjadi sebuah tantangan dalam mengimplementasikan pendidikan nasionalisme dalam pembelajaran SKI.
Sebab itu, ditelitilah model pendidikan nasionalisme dalam pembelajaran SKI di MIN Kudus pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020 menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus.
Hasilnya, ditemukan model pendidikan nasionalisme dalam pembelajaran SKI di MIN Kudus pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020 yang dilaksanakan dengan tiga tahapan. Tahap pertama yakni perencanaan pembelajaran SKI dengan menyusun RPP daring mata pelajaran SKI yang terintegrasi PPK nasionalis. Pada tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran SKI yang diawali kegiatan pendahuluan dengan memberi motivasi untuk taat protokol kesehatan, lalu kegiatan inti dengan menyampaikan materi sesuai KD SKI sekaligus menguatkan karakter nasionalis siswa. Kemudian pembelajaran ditutup dengan mengambil hikmah dari berbagai kisah yang sudah disampaikan. Selanjutnya pada tahap ketiga, guru melakukan evaluasi pembelajaran SKI dengan mengevaluasi pengetahuan dan sikap siswa sekaligus membiasakan siswa untuk disiplin dalam belajar dan mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan karakter; Nasionalis; Sejarah kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:04
Last Modified: 07 Apr 2022 06:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics