Analisis soal penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran fikih kelas XI Madrasah Aliyah NU Salafiyah Keduren tahun pelajaran 2019/2020

Wardi, Ahmad Asysyahru (2020) Analisis soal penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran fikih kelas XI Madrasah Aliyah NU Salafiyah Keduren tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016180_AHMAD_ASYSYAHRU_WARDI] Text (SKRIPSI_1603016180_AHMAD_ASYSYAHRU_WARDI)
SKRIPSI_1603016180_AHMAD_ASYSYAHRU_WARDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Fikih kelas XI tahun pelajaran 2019/2020 di Madrasah Aliyah NU Salafiyah Kenduren ditinjau dari validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh, serta level kognitif soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI tahun pelajaran 2019/2020 di Madrasah Aliyah NU Salafiyah dengan menggunakan populasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif jenis analis dokumen dengan pendektan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode dokumentsi untuk data kualitas soal. Teknik analisis data menggunakaan analisis statistik deskriptif. Adapun yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda (multiple choiche) yang berjumlah 45 soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Berdasarkan validitas soal, soal yang tergolong valid berjumlah 39 butir (86,7%), sedangkan yang tidak valid berjumlah 6 butir (13,3%). b) Berdasarkan reliabilitas, soal memiliki indeks realibilitas sebesar 0,95 dan termasuk kategori sangat tinggi. c) Berdasarkan tingkat kesukaran, soal yang tergolong sukar berjumlah 1 butir (2,22%), sedang berjumlah 18 butir (40%), dan mudah berjumlah 26 butir (57,78%). d) Berdasarkan daya pembeda yang termasuk soal yang tergolong jelek berjumlah 5 butir (11,1%), cukup berjumlah 10 butir (22,2%), baik berjumlah 18 butir (40%) dan baik sekali berjumlah 12 butir (26,7%). e) Berdasarkan tingkat keefektifan penggunaan distraktor, soal menunjukan pengecoh yang berfungsi sangat baik berjumlah 6 butir (13,3%), baik berjumlah 8 butir (17,8%), cukup baik berjumlah 17 butir (37,8%), kurang baik berjumlah 12 butir (26,7%), dan tidak baik/jelek berjumlah 2 butir (4,4%). f) Berdasarkan analisis bersama validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh terdapat 13 butir (28,9%) soal yang baik sedangkan ada 18 butir (40%) soal yang kurang baik/ perlu direvisi dan ada 14 butir (31,1%) soal yang tidak baik/ lebih baik dibuang. Adapun dari hasil analisis butir soal dari dimensi proses kognitif Taxonomy Bloom terhitung 10 butir soal (22,2%) merupakan kategori C1 (Mengingat), 18 butir soal (40%) merupakan kategori C2 (Memahami), 12 butir soal (26,7%) merupakan kategori C3 (Mengaplikasikan), 4 butir soal (8,9%) merupakan kategori C4 (Menganalisis), 1 butir soal (2,2%) merupakan kategori C5 (Mengevaluasi), dan 0 butir soal (0%) kategori C6 (Mencipta). Sehingga apabila ditinjau dari level kognitif soal terdapat 5 butir (11,1%) soal kategori HOTS sedangkan 40 butir (88,9%) soal merupakan kategori soal LOTS. Sehingga secara keseluruhan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah NU Salafiyah Kenduren termasuk soal yang belum berkualitas baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis soal; Level kognitif; Penilaian Akhir Tahun (PAT); Fikih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:10
Last Modified: 07 Apr 2022 06:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics