Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Semarang

Istiqomah, Istiqomah (2020) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016167_ISTIQOMAH] Text (SKRIPSI_1603016167_ISTIQOMAH)
SKRIPSI_1603016167_ISTIQOMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan (korelasi) yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap perilaku sosial siswa khususnya pada kelas VIII yang menjadi objek penelitian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang berpedoman pada Sugiyono dan adapun langkah-langkah pengambilan sampel telah diuraikan pada bab 3. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh data nilai siswa.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MTs Darul Ulum Semarang, peneliti mendapatkan data bahwa kompetensi sosial guru tergolong “baik” hal tersebut dapat diketahui pada hasil mean sebesar 85 yang berada pada interval 89 – 85. Perilaku sosial siswa di MTs Darul Ulum Semarang pun tergolong “baik” hal tersebut dapat diketahui pada hasil mean sebesar 61 yang berada pada interval 64 – 60.
Analisis uji hipotesis antara variabel X (kompetensi sosial guru) dan variabel Y (perilaku sosial siswa) diperoleh persamaan garis regresi Y ̂ = 32,105 + 0,347X. Hasil Fhitung sebesar 5,266 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,182. Karena Fhitung > Ftabel maka hasil perhitungan diatas menunjukkan adanya hubungan dan signifikansi antara variabel X dan variabel Y pada siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang.
Dan untuk mengetahui besar kecilnya hubungan antara variabel X dan variabel Y siswa di MTs Darul Ulum Semarang dapat diwakili oleh besarnya koefisien determinasi yang di notasikan dalam angka r2 adalah sebesar 0,397 atau 15,76 % dan sisanya sebesar 84,24 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Kompetensi sosial; Guru; Perilaku sosial; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:54
Last Modified: 04 Apr 2022 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics