Pendidikan karakter religius siswa melalui sistem boarding school di MAN Demak

Fikri, Muhammad Ahsan (2020) Pendidikan karakter religius siswa melalui sistem boarding school di MAN Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016163_MUHAMMAD_AHSAN_FAHMI] Text (SKRIPSI_1603016163_MUHAMMAD_AHSAN_FAHMI)
SKRIPSI_1603016163_MUHAMMAD_AHSAN_FAHMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Sistem boarding yang dihadirkan MAN Demak kemudian ditelaah untuk mengetahui bagaimana MAN Demak dalam menerapkan pendidikan karakter melalui sistem boarding school serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter siswa kelas di boarding MAN Demak Penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Demak pada siswa boarding yang berjumlah 350 siswa kemudian diambil sampel sebanyak 52 yang terdiri dari 7 siswa boarding putra dan 45 siswi boarding putri dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi sehingga dapat mendeskripsikan hasil penelitian sesuai dengan perkembangan prilaku siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan di MAN Demak. Pertama penerapan pendidikan karakter melalui sholat fardhu berjamaah, sholat tahajud, sholat tasbih dan dzikir untuk membangun karakater religius siswa, kedua melalui kegiatan muhadhoroh yang dapat melatih siswa dalam berbahasa dan membentuk kepercayaan diri, ketiga pendalaman ilmu agama melalui kajian kitab. Namun tidak dapat dipungkiri padatnya jadwal kegiatan boarding school menjadi keluhan para siswa, peran orangtua yang kurang kooperatif, dan disiplin yang kurang dapat diterapkan siswa. Akan tetapi pendidikan karakter yang diterapkan didukung dengan sumber daya manusia pembina dan guru pembimbing yang ahli dibidangnya, latarbelakang siswa yang berasal dari boarding school atau pondok pesantren dan juga pemanfaatan teknologi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter religius; Boarding school
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 02 Apr 2022 09:05
Last Modified: 02 Apr 2022 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics