Pendekatan pendidikan akhlaq dalam kitab Taisir al-Akhlaq karya Hafidh Hasan Al Mas'udi

Fikrin, Nilna Alfi (2021) Pendekatan pendidikan akhlaq dalam kitab Taisir al-Akhlaq karya Hafidh Hasan Al Mas'udi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016153_NILNA_ALFA_FIKRIN] Text (SKRIPSI_1603016153_NILNA_ALFA_FIKRIN)
SKRIPSI_1603016153_NILNA_ALFA_FIKRIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan pendidikan akhlak merupakan suatu proses kegiatan, perbuatan, dan cara mendekati pada bidang pendidikan akhlak sehingga mempermudah pelaksanaan mendidik akhlak. Pendekatan pendidikan akhlak diartikan sebagai langkah yang ditempuh untuk menentukan arah pelaksanaan dan menggambarkan perlakuan yang akan diterapakan untuk mempermudah mencapai tujuan pendidikan akhlak.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana pendekatan pendidikan akhlaq dalam kitab Taisi>r al-Akhla>q karya Hafidh Hasan Al Mas’udi?. Adapun tujuan penulis mengangkut judul ini yaitu, agar mengetahui pendekatan pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Taisi>r al-Akhlaq>, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode penelitiian jenis kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif yang bercorak deskriptif analisis, yaitu mengkaji sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab Taisi>r al-Akhla>q dan terjemah kitab tersebut serta sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Data yang ada kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif deduktif, metode deduktif ialah cara analisis dengan menggunakan pola pikir yang berangkat dari kesimpulan umum atau generalisasi yang diuraikan menjadi contoh-contoh kongkrit atau fakta-fakta untuk menjelaskan kesimpulan atau generalisasi tersebut.
Taisi>r al-Akhla>q merupakan kitab karangan Syeikh Hafidh Hasan Al Mas’udi, yang mana merupakan ringkasan ilmu akhlak praktis untuk pelajar tingkat dasar. Karena pada dasarnya mempelajari akhlak harus dimulai dan ditanamkan sejak kecil. Di dalam kitab itu terdapat 31 bab yang mana menjelaskan tentang akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, akhlak terhadap diri sendiri, dan dijelaskan juga dalam kitab ini akhlak tercela dan akhlak terpuji. Dengan tujuan sebagai bekal dalam kehidupan supaya mempunyai akhlak yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Taisi>r al-Akhla>q ada empat, yaitu: Pendekatan Emosional berupa perasaan yang menggugah dari perjuangan susah payah orang tua dalam membesarkan anaknya, Pendekatan Rasional berupa sebab-sebab orang jujur salah satunya adalah akal, dengan menggunakan akal sesorang dapat membedakan kejujuran dan kedustaan, Pendekatan Fungsional berupa seorang yang menjaga kebersihan maka akan terjaga kesehatanya, Pendekatan Keteladanan berupa sifat pengajar yang mulia maka akan di contoh oleh muridnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan; Pendidikan akhlaq; Taisir al-Akhlaq; Hafidh Hasan Al-Mas'udi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 02 Apr 2022 09:07
Last Modified: 02 Apr 2022 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics